Pages

Wednesday 19 October 2011

Ciiit...! Suara Yang mengganggu

suara "ciiit...!" yang terdengar saat kereta melewati tikungan adalah suara yang menjengkelkan seperti suara garukan papan tulis. bagaimana suara ini muncul, ya???

Penyebabnya adalah roda kereta api yang masuk ke satu poros. saat melewati rel lengkung, roda bagian dalam menjadi pelan sedangkan roda bagian luar harus berputar dengan cepat agar roda tidak terlepas dari rel dan bisa berjalan dengan baik. tetapi kedua bagian roda kereta terikat dalam satu poros sehingga tidak bisa menggerakan roda secara terpisah. ketika roda melewati tikungan, maka akan timbul friksi atau gesekan, dan gesekan ini akan menyebabkan getaran, sehingga timbul kebisingan. suara seperti ini disebut dengan squel noise.

kalau begitu, bagaimana mengurangi bunyi ini??? cara yang paling mudah adalah dengan menambahkan kerikil pada bagian bawah rel. kalau bertabrakan dengan dasar beton yang datar, bunyi yang ditimbulkan sangat bising. tetapi kalau di tebarkan kerikil, maka kerikil yang akan bergetar dan meredam bunyi ini.

No comments:

Post a Comment