Pages

Wednesday 19 October 2011

Einstein dan Lubang Hitam

Kalau kita melihat film star trek: The Beginning,ada adegan nero sang penjahat menghancurkan sebuah planet dengan sebuah bom. Untunglah ini hanya terjadi dalam film sajja, karena kalau di dunia ini ada senjata seperti ini, maka mungkin saja alam semesta ini akan hancur seketika. Prinsip bom ini sama seperti gravitasi yang sangat besar.
Gravitasi bumi adalah kekuatan tarik yang dikeluarkan inti bumi, yang diterima oleh benda yang diatas bumi. Di luar angkasa terdapat wilayah yang memiliki gaya gravitasi yang sangat besar, seperti kekuatan bom yang bisa menghisap apapun di sekitarnya, termasuk cahaya. Inilah yang disebut dengan Lubang Hitam (BLACK HOLE).
Einstein mengungkapkan Teori Relativitas yang menyebutkan bahwa gravitasi merupakan konsekuensi dari kelengkungan antara ruang dan waktu. Oleh karena itu, meskipun Matahari memiliki energi yang sangat besar, tetapi kalau melewati benda luar angkasa yang memiliki energi yang lebih besar, sinar Matahari akan di bengkokkan. Melalui teori ini, Einstein membuktikan keberadaan Lubang Hitam.

No comments:

Post a Comment